KEUTAMAAN PARA PENGHAFAL AL QURAN

Ustadz Bobby Herwibowo

Allah telah menjanjikan banyak kelebihan kepada mereka yang menghafal Al Quran seperti yang digambarkan di bawah.

1.Mereka adalah keluarga Allah SWT

Sabda Rasulullah SAW :"Dari Anas ra. Ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri dari manusia." Kemudian Anas berkata lagi, lalu Rasulullah SAW bertanya: "Siapakah mereka itu wahai Rasulullah. Baginda menjawab: "Mereka para ahli Quran (orang yang membaca atau menghafal Alquran dan mengamalkan isinya).Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.

2. Ditempatkan surga yang paling tinggi

Sabda Rasulullah SAW:"Dari Abdullah Bin Amr Bin Al Ash ra dari nabi SAW, baginda bersabda; Diakhirat nanti para ahli Alquran di perintahkan, "Bacalah dan naiklah ke surga. Dan bacalah Alquran dengan tartil seperti engkau membacanya dengan tartil pada waktu di dunia. Tempat tinggal mu di syurga berdasarkan ayat paling akhir yang engkau baca."

3. Ahli Alquran adalah orang yang arif di surga

Sabda Rasulullah SAW "Dari Anas ra. Bahwasanya Rasulullah SAW bersabda; "Para pembaca Alquran itu adalah orang-orang yang arif di antara penghuni surga,"

4. Menghormati orang yang menghafal Alquran berarti mengagungkan Allah SWT

Sabda Rasulullah SAW "Dari Abu Musa Al Asya'ari ra.ia berkata bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: "Diantara perbuatan mengagungkan Allah adalah menghormati Orang Islam yang sudah tua, menghormati orang yang menghafal Alquran yang tidak berlebih-lebihan dalam mengamalkan isinya dan tidak membiarkan Alquran tidak di amalkan, serta menghormati kepada penguasa yang adil."

5. Hati penghafal Alquran tidak disiksa

Sabda Rasulullah SAW" Dari Abdullah Bin Mas'ud ra. Daripada Nabi SAW baginda bersabda: " bacalah Alquran sebab Allah tidak akan menyiksa hati orang yang hafal Alquran.Sesungguhanya Alquran ini adalah hidangan Allah, siapa yang memasukkanya ia akan aman. Dan barangsiapa yang mencintai Alquran maka hendaklah ia bergembira."

6. Mereka lebih berhak menjadi imam dalam shalat

Sabda Rasulullah SAW :"Dari Ibnu Mas'ud ra. Dari Rasulullah SAW beliau bersabda; "yang menjadi imam dalam sholat suatu kaum hendaknya yang paling pandai membaca Alquran."

7. Disayangi Rasulullah SAW

Sabda Rasulullah SAW :"Dari Jabir Bin Abdullah ra. Bahwa Nabi SAW menyatukan dua orang daripada orang-orang yang gugur dalam perang Uhud dalam satu liang lahat.Kemudian Nabi SAW bertanya, "dari mereka berdua siapakah paling banyak hafal Alquran?" apabila ada orang yang dapat menunjukkan kepada salah satunya, maka Nabi SAW memasukkan mayat itu terlebih dahulu ke liang lahat."

8. Dapat memberikan syafaat kepada keluarga

Sabda Rasulullah SAW .:"Dari Ali Bin Abi Thalib Karramallahu Wajhah ia berkata, "Barangsiapa membaca Alquran dan menghafalnya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga dan memberikannya hak syafaat untuk 10 anggota keluarganya di mana mereka semuanya telah di tetapkan untuk masuk neraka."

9. Penghafal Alquran akan memakai mahkota kehormatan

Sabda Rasulullah SAW:"Dari Abu Hurairah ra. dari Nabi SAW bersabda: "orang yang hafal Alquran pada hari kiamat nanti akan datang dan Alquran akan berkata; "Wahai Tuhan ,pakaikanlah dia dengan pakaian yang baik lagi baru." Maka orang tersebut di berikan mahkota kehormatan. Alquran berkata lagi: "Wahai Tuhan tambahlah pakaiannya." Maka orang itu di beri pakaian kehormatannya. Alquran lalu berkata lagi, "Wahai Tuhan, ridhoilah dia." Maka kepadanya di katakan; "Bacalah dan naiklah." Dan untuk setiap ayat, ia di beri tambahan satu kebajikan."

10. Hafal Alquran merupakan bekal yang paling baik.

Sabda Rasulullah SAW:"Dari Jabir bin Nufair, katanya Rasulullah SAW bersabda; "Sesungguhnya kamu tidak akan kembali menghadap Allah dengan membawa sesuatu yang paling baik daripada sesuatu yang berasal daripada-Nya yaitu Alquran.

11. Orang tua memperoleh pahala khusus jika anaknya penghafal Alquran

Sabda Rasulullah SAW :"Daripada Buraidah Al Aslami ra, ia berkata bahwasanya ia mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Pada hari kiamat nanti, Alquran akan menemui penghafalnya ketika penghafal itu keluar dari kuburnya. Alquran akan berwujud seseorang dan ia bertanya kepada penghafalnya: "Apakah anda mengenalku?" Penghafal tadi menjawab; "saya tidak mengenal kamu." Alquran berkata; "saya adalah kawanmu, Alquran yang membuatmu kehausan di tengah hari yang panas dan membuatmu tidak tidur pada malam hari.
Sesungguhnya setiap pedagang akan mendapat keuntungan di belakang dagangannya dan kamu pada hari ini di belakang semua dagangan. Maka penghafal Alquran tadi di beri kekuasaan di tangan kanannya dan diberi kekekalan ditangan kirinya, serta di atas kepalanya dipasang mahkota perkasa. Sedang kedua orang tuanya diberi dua pakaian baru lagi bagus yang harganya tidak dapat di bayar oleh penghuni dunia keseluruhannya. Kedua orang tua itu lalu bertanya: "kenapa kami di beri dengan pakaian begini?". Kemudian di jawab, "karena anakmu hafal Alquran."Kemudian kepada penghafal Alquran tadi di perintahkan, "bacalah dan naiklah ke tingkat-tingkat surga dan kamar-kamarnya." Maka ia pun terus naik selagi ia tetap membaca, baik bacaan itu cepat atau perlahan (tartil)

12. Akan menempati kelas tertinggi di dalam surga.
Sabda Rasulullah SAW :"Daripada Sisyah ra ia berkata, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda; jumlah tingkatan-tingkatan surga sama dengan jumlah ayat-ayat Al Quran. Maka tingkatan surga yang di masuki oleh penghafal Alquran adalah tingkatan yang paling atas, dimana tidak ada tingkatan lagi sesudah itu.

Ustadz Bobby Herwibowo
Kauny Quantum Memory
Menghafal Al Quran Semudah Tersenyum
Twitter: @bobbyherwibowo
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Komentar