Tips Wawancara

Ada beberapa tips yang akan membantu Anda mendapatkan hasil yang maksimal dalam lamaran Anda. Tips-tips ini dirangkum berdasarkan tanggapan yang kami terima dari perusahaan.

  1. Bacalah penjelasan tentang lowongan tersebut serta profil perusahaannya secara seksama agar Anda mengerti seluk beluk lowongan tersebut ketika perusahaan itu memanggil Anda untuk wawancara. Jika iklan lowongan tersebut tidak mengandung cukup banyak informasi, tanyakanlah kepada perusahaan untuk lebih jelasnya.

  2. Ingatlah untuk menuliskan nama & nomor kontak perusahaan untuk berjaga-jaga bilamana Anda perlu menelepon dia kembali nantinya.

  3. Persiapkan diri untuk melakukan wawancara dengan cara mencari tahu lebih banyak lagi tentang perusahaan, lowongan serta industri perusahaan tersebut.

  4. Datanglah tepat waktu untuk wawancara Anda. Bawalah resume, transkrip, sertifikat serta dokumen lain yang relevan pada saat wawancara.

  5. PENTING: Jika Anda tidak dapat menghadiri suatu wawancara yang telah Anda konfirmasi sebelumnya untuk alasan apapun, Anda harus menghubungi perusahaan tersebut paling tidak sehari sebelumnya untuk memberitahu mereka.

    Jika catatan kehadiran wawancara Anda baik, ini akan membantu memastikan adanya kesempatan-kesempatan wawancara lain di masa mendatang, karena perusahaan mempunya hak untuk membagikan catatan "Ketidakhadiran" maupun pembatalan mendadak kepada perusahaan lain.

    Jika Anda tidak punya detil kontak informasi perusahaan, lihatlah dibawah Profil Perusahaan di halaman Status Lamaran di akun MyJobStreet Anda, atau lihatlah di buku telepon atau Yellow Pages.

  6. Kirimkanlah sebuah email Ucapan Terima kasih kepada perusahaan setelah wawancara.

  7. Tindaklanjuti dengan perusahaan akan status wawancara Anda dalam dua atau tiga hari. Hal ini menunjukkan ketertarikan Anda akan lowongan tersebut dan mungkin dapat meningkatkan keberhasilan Anda.

Di JobStreet.com, perusahaan mempunyai pilihan untuk memasukkan Anda ke dalam daftar hitam jika Anda gagal menghadiri wawancara atau memalsukan data resume Anda. Maka dari itu, selalulah bersikap profesional dan sopan. Kami mendoakan yang terbaik untuk kesuksesan pencarian kerja Anda!

Untuk tips dan artikel lain tentang wawancara kerja, klik di sini: http://careers.jobstreet.co.id/interview

Sumber : JobStreet

Komentar