Liga Champions : Suka Chelsea, Duka Spurs


Kris Fathoni W : Sepakbola
detikcom - Jakarta, Keberhasilan Chelsea menjuarai Liga Champions ikut berdampak buruk untuk klub Inggris asal kota London lain, Tottenham Hotspur. Kini Spurs harus rela untuk tampil di Liga Europa musim depan.

Spurs menyudahi musim ini di posisi empat klasemen Liga Primer Inggris, posisi yang sejatinya akan memberikan tiket ke fase kualifikasi Liga Champions musim depan.

Akan tetapi tiket itu kini melayang karena Chelsea, yang finis di posisi enam klasemen akhir Liga Primer, berhasil mengalahkan Bayern Munich di final Liga Champions, Minggu (20/5/2012) dinihari WIB.

Hasil itu membuat Chelsea, sebagai juara bertahan, yang akan lolos ke ajang Liga Champions musim depan dan membuat Spurs harus rela tergeser untuk tampil di ajang Liga Europa--Inggris dapat jatah empat klub untuk tampil di Liga Champions, yang kini digondol oleh Manchester City, Manchester United, Arsenal, dan Chelsea.

Kenyataan tersebut bukan cuma akan mengurangi potensi pendapatan Spurs--Guardian menyebut Spurs mendapat 25,34 juta poundsterling setelah mencapai perempatfinal Liga Champions tahun 2010/2011--tetapi juga bisa berimbas kepada hijrahnya beberapa pemain pilar.

Setidaknya ada dua nama yang digadang-gadang bisa memutuskan angkat kaki jika Spurs gagal lolos ke Liga Champions musim depan, yakni Gareth Bale dan Luka Modric.

Itulah mengapa sebelum final Liga Champions kali ini Manajer Spurs Harry Redknapp sempat berharap Bayern dapat mengalahkan Chelsea, yang juga rival sekota Spurs di London.

"Aku ingin Tottenham finis di (zona) Liga Champions dan sekarang tergantung Bayern Munich untuk menyelesaikan pekerjaan. Apa yang akan terjadi, terjadilah," kata Redknapp ketika itu, seperti dilansir ESPN.

Yang terjadi kemudian, kenyataannya tidaklah sama seperti keinginan dan harapan Redknapp dan para suporter Lily Whites.


Sumber detik

Komentar